<![CDATA[Sekolah Alam Cikeas - Kelas 1]]>Thu, 17 Sep 2020 06:51:43 +0700Weebly<![CDATA[Kegiatan Berjemur]]>Sat, 18 Apr 2020 17:12:03 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/kegiatan-berjemurPicture
Hampir empat pekan sudah kegiatan belajar siswa SD Sekolah Alam Cikeas dilakukan di rumah bersama keluarga. Kami mengikuti arahan pemerintah untuk tetap berada di rumah guna mencegah penularan virus Covid-19.

Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus corona (Covid-19). Selama kegiatan belajar di rumah, Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, siswa secara rutin siswa melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari untuk menjaga imunitas tubuh.
 
Sistem imun ini menjadi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sementara itu, jika tubuh kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri
 
Supaya kegiatan berjemur tidak terasa membosankan, kegiatan berjemur dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswa Sekolah Alam Cikeas, mereka melakukan kegiatan berjemur sambil membaca buku, mengobrol santai dengan adik, bermain badminton, menyiram tanaman, dll. 
]]>
<![CDATA[Mendongeng di Saat Morning Talk.]]>Mon, 18 Nov 2019 17:00:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/mendongeng-di-saat-morning-talk
Kegiatan mendongeng pada saat morning talk sudah menjadi agenda rutin setiap minggu. Siswa bebas memilih buku favoritnya untuk dibacakan kepada teman-teman.
Melalui kegiatan ini siswa akan berlatih untuk tampil dengan percaya diri, menambah kosakata baru, dan membiasakan gemar membaca.

Siswa yang bertugas membacakan buku, akan bercerita dengan suara yang lantang dan teman-teman lainnya belajar untuk mendengarkan dan menghormati orang yang sedang berbicara atau bercerita. Saat buku selesai dibacakan akan ada sesi tanya jawab. Siswa akan bersemangat untuk bertanya bahkan ingin meminjam buku yang baru saja dibacakan.
]]>
<![CDATA[Panen Bayam]]>Thu, 14 Nov 2019 17:00:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/panen-bayamSD Sekolah Alam Cikeas
​Salah satu materi kegiatan Greenlab SD1 adalah menanam bayam. Seluruh siswa menanam bayam di pekarangan kelas. Setiap hari siswa merawat benih bayam yang sudah disemai. 

Mereka melakukan penyiraman dan penyabutan gulma. Anak- anak terus merawatnya hingga tumbuh menjadi bibit dan berkembang menjadi tanaman bayam yang subur dan segar.
Setelah selama 28 hari siswa melakukan penanaman, perawatan, dan pengamatan akhrinya siswa SD1 melakukan panen bayam. Seluruh siswa sangat senang dapat memanen hasil kebunnya sendiri. Hasil panen dapat dibawa pulang oleh anak-anak ke rumah dan dimasak menjadi sup sayur bayam yang sehat dan lezat.
]]>
<![CDATA[Belajar dari Layang-Layang]]>Tue, 24 Sep 2019 04:30:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/belajar-dari-layang-layang
​SD 1 Bakaro-Jikomalamo mengunjungi Museum Layang-layang dalam kegiatan outing. Museum ini terdapat di daerah Pesangrahan, Jakarta Selatan. 
Di museum ini, anak-anak SD 1 dapat melihat berbagai bentuk dan ukuran layang-layang yang tentu saja dapat diterbangkan. Ada layangan dengan ukuran raksasa berbentuk rumah, berbentuk gajah, berbentuk ikan lionfish, dan juga berbentuk naga. 

Melalui audio visual yang ditampilkan dalam suatu ruangan, anak-anak jadi tahu bahwa butuh banyak orang untuk menerbangkan layang-layang yang berukuran raksasa. Selain berukuran raksasa, ternyata ada juga layangan berukuran mini, yaitu sekitar 3 cm. Layangan ini juga dapat diterbangkan, hanya saja maksimal setinggi 4 meter.

Berkunjung ke museum layang-layang tidak hanya sekedar melihat-lihat layangan, namun anak-anak SD 1 juga mengaplikasikan bagaimana sikap yang baik saat berada ditempat umum. Seperti tidak berteriak-teriak, berbicara sopan, mengantri, minta ijin jika ingin sesuatu dan tentu saja menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dari sisi materi, mereka juga berkreasi membuat desain layangan sendiri yang sudah disiapkan oleh pihak museum. Selain itu,  mereka juga belajar perbandingan ukuran dari setiap layangan yang terdapat di museum.
]]>
<![CDATA[Mozaik Bean Art]]>Thu, 29 Nov 2018 17:00:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/mozaik-bean-art
Fun art kami di SD 1 Padi kali ini membuat mozaik dengan media gambar burung celepuk siau. Tahap pertama, kami mengoles lem pada pola atau bagian burung yang sudah ditentukan jenis biji-bijiannya. Adapun biji-bijian yang digunakan beras putih, beras hitam, kacang hijau dan tumbukan biji jagung. 
Kegiatan ini dilakukan terus hingga seluruh pola tertutup biji-bijian. Aktifitas keterampilan ini sangat menyenangkan dan mempunyai manfaat meningkatkan kemampuan motorik halus kami. Di kegiatan ini kami dapat mengekspresikan semangat kami dalam kreativitas, kesabaran, dan ketelitian kami. Setelah itu kami pun men-display hasil karya kami di ranting kayu yang sudah disiapkan. Yeaay.. ini nii hasilnya..seru dan senangnya kami dalam menampilkan hasil karya ini.
]]>
<![CDATA[Welcome to Kakao Class]]>Wed, 05 Sep 2018 00:34:53 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-1/welcome-to-kakao-class
Tahun Ajaran 2018/2019 kali ini, nama kelas di Sekolah Alam Cikeas betemakan “pertanian”. Pilihan nama yang digunakan sebagai nama kelas sangat beragam seperti bajak, benih, padi, sawit, dan masih banyak lainnya. Nah, “Kakao” kami pilih sebagai nama kelas kami di SD1. Jadi, ada yang tau apa itu Kakao? 


Kakao (Theobroma cacao L.) adalah pohon budidaya di perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan, namun sekarang ditanam di berbagai kawasan tropika. Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat. Karakter rasa coklat adalah gurih, dengan aroma yang khas sehingga disukai banyak orang khususnya anak-anak dan remaja. Itulah cerita singkat tentang kakao.

Kelas kami selalu ramai setiap hari, karena di kelas ini kami tidak hanya belajar bersama, tapi juga bermain dan banyak hal yang kami lakukan, seperti outbound, game dan bernyanyi bersama. Biasanya sebelum memulai kelas, kami berkumpul membentuk lingkaran besar, berdoa dan membaca nilai siswa bersama-sama. Kami juga berbagi cerita atau bertepuk tangan gembira, kegiatan ini dinamakan Morning Talk. Ada  13 nilai siswa yang kami ulang tiap pagi. 

Nilai siswa sekolah alam cikeas itu :
1. Takwa kepada tuhan yang maha esa,
2. Jujur,
3. Tauladan yang baik,
4. Tekun belajar dan cerdas ,
5. Bersyukur,
6. Mandiri dan inisiatif,
7. Ikhlas berbagi dan memberi manfaat, 
8. Empati ,
9.Peduli lingkungan,
10. Berani dan bertanggungjawab,
11. kreatif dan inovatif,
12. Disiplin,
13. Cinta Tanah air.

Setelah kegiatan morning talk, barulah kami belajar, asyik sekali kegiatan belajar kami  selalu ada permainannya lho teman-teman, kemudian kami melanjutkan dengan makan siang dan sholat dhuhur bersama sebelum kami bersiap-siap pulang dan kembali besok pagi ke sekolah. Begitulah kegiatan harian yang ada di kelas Kakao. 

Kelas kami terdiri dari 20 orang, yaitu 14 laki-laki dan 6 perempuan, kami adalah Ahmad, Razi, Aika, Almer, Ameera, Cavin, Danen, Zidane, Fadhil, Azka, Iban, Safa, Lathifah, Bibib, Fathir, Panca, Rael, Qeiz, Quinnesha, Thariq. Kami memiliki dua fasilitator yaitu Pak Tri dan Bu Isti, serta satu fasilitator pendamping yaitu Pak Ilham.
]]>