<![CDATA[Sekolah Alam Cikeas - Kelas 3]]>Mon, 05 Oct 2020 22:04:22 +0700Weebly<![CDATA[Telepon Gelas]]>Sun, 15 Mar 2020 17:00:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-3/telepon-gelasSekolah Alam Cikeas
Dimulai sejak 16 Maret 2020, seluruh siswa Sekolah Alam Cikeas memindahkan kegiatan belajarnya di sekolah menjadi ke rumah mengikuti arahan pemerintah guna mencegah penularan virus Covid-19. Walaupun di rumah, kegiatan belajat tetap menyenangkan dan seru.


Siswa SD3 tetap berkreasi dan melakukan percobaan sederhana selama pembelajaran jarak jauh. Siswa SD3 membuat telepon dari gelas bekas plastik dengan perantara suara berupa benang. Percobaan ini sangat sederhana sekali, dan mereka bisa membuktikan bahwa gelombang suara bisa merambat melalui benda sehingga suara dari ujung bisa tetap terdengar.

Supaya terlihat cantik dan menarik, telepon gelas pun dihias dengan kertas warna-warni dan digambar menggunakan spidol warna

Penjelasan ilmiahnya begini, kita dapat mendengar suara dari lawan bicara karena adanya gelombang suara yang merambat di udara. Pada telepon gelas plastik ini, gelombang suara merambat melalui benang  yang ditegangkan. Jika benang tidak ditegangkan kita tidak bisa mendengarkan suara teman kita, karena tidak ada gelombang suara dari sumber suara yang merambat melalui benang ke penerima suara. Jadi suara akan semakin terdengar jika benang ditegangkan.

Telepon pelastik ini bisa menjadi permainan yang seru bersama adik, kakak, ataupun orangtua selama kegiatan belajar di rumah.
]]>
<![CDATA[Taman Bermain Sejiwa]]>Wed, 27 Nov 2019 17:00:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-3/taman-bermain-sejiwaPicture
Market Day tidak selalu berbentuk pasar atau kegiatan jual beli. Pembelajaran untuk menanamkan jiwa “enterpreuneur” (wirausaha) dalam sebuah kegiatan yang menyenangkan mempunyai daya tarik tersendiri. Termasuk kegiatan Market Day SD 3 yang mengusung konsep taman bermain. 

Siswa-siswa SD 3 membuat arena taman bermain permainan tradisional yang diberi nama Taman Bermain Sejiwa. Mereka mempersiapkan beberapa jenis wahana permainan diantaranya enggrang, bowling botol, tetris kardus, congklak, basket, ring bambu, bambu gila dan lompat tali. Siswa melakukan pembagian tugas agar market day berjalan dengan lancar. Ada siswa yang bertugas menjaga wahana permainan, ticketing, food area, keamanan, dan lain-lain.

Taman Bermain Sejiwa berlangsung selama dua hari. Setiap kelas melakukan kunjungan dan bermain di Taman Bermain Sejiwa. Pengunjung sangat senang karena ada berbagai macam pilihan permainan. Market Day dengan konsep taman bermain merupakan konsep market day yang sangat kreatif dan menstimulasi anak untuk bermain yang sehat.
]]>
<![CDATA[Ecobrick]]>Wed, 23 Oct 2019 04:30:00 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-3/ecobrick
Ecobrick adalah botol plastik yang dikemas dengan plastik yang mungkin dibuang ke kepadatan yang ditetapkan untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Ecobricks dapat digunakan untuk menghasilkan barang-barang modular, termasuk furnitur, dinding taman, dan struktur lainnya.

Pada kesempatan kali ini, siswa SD3 membuat ecobrick untuk dimanfaatkan sebagai tempat duduk. Siswa bekerjasama dalam sebuah kelompok. Siswa mengumpulkan botol bekas dengan ukuran yang sama. Dan menggunting sampah-sampah plastik menjadi ukuran yang cukup kecil sehingag mudah untuk dimasukkan ke dalam botol.

Sampah plastik yang telah digunting kecil dimasukkan ke dalam botol plastik. Sampah plastik terus ditekan masuk ke dalam hingga padat agar botol menjadi ecobrick yang kuat. Botol-botol yang sudah menjadi ecobrick disusun menjadi satu dan diikat hingga kuat dan bisa diduduki.
Dan bangku ecobrick pun jadi. Kini bangku ecobrick bisa kami gunakan di kelas untuk duduk-duduk santai sambil ngobrol bersama teman ataupun sambil membaca buku favorit.

Ternyata limbah botol dan plastik masih bisa dimanfaatkan loh teman-teman! Boleh juga jika teman-teman mau mempraktekkannya di rumah.
]]>
<![CDATA[SD3 Hara]]>Mon, 22 Oct 2018 03:29:18 GMThttps://sekolahalamcikeas.sch.id/kelas-3/sd3-hara
Hara Class... ya itu nama kelas kita di Sekolah Alam Cikeas,  tepatnya kita ini SD 3. Di Sekolah Alam Cikeas untuk level SD 3 ada tiga kelas ada SD 3 Herba, SD 3 Humus, dan yang satu lagi itu adalah kelas kita, ya... SD 3 Hara.
Kalau ketiganya disingkat akan menjadi SD 3 Hura-hura. Eiiittsss!!! Tapi kalian jangan salah kira ya, singkatan itu bukan berarti melambangkan sifat siswa siswi SD 3.

Hara sendiri diambil dari nama-nama bidang pertanian yang sedang menjadi tema di Sekolah Alam Cikeas untuk tahun ajaran 2018/2019.

Tahukah kalian apa itu Unsur Hara?
Unsur hara merupakan sumber nutrisi atau makanan yang dibutuhkan tanaman, baik itu unsur hara yang tersedia di alam (oksigen, hidrogen, dan karbon) maupun yang sengaja ditambahkan. Unsur hara ini sangat dibutuhkan oleh tanaman karena menentukan kualitas tanaman yang meliputi pertumbuhan, perkembangan dan produktifitas tanaman.

Nah, kalian sekarang sudah tahu bukan apa itu unsur hara?
Sama seperti unsur hara, kita berharap siswa siswi SD 3 Hara menjadi anak-anak yang bermanfaat untuk orang banyak dan satu hal yang penting kebaikan yang kita lakukan tidak perlu orang lain tahu tapi berdampak bagi orang di sekitar kita.
 
Tak kenal maka tak sayang, setelah kita tahu arti nama kelas dan maknanya, sekarang kita perkenalan fasilitator kelas di SD 3 hara yang kece badai, ada Bu Nike Puspitasari dan Pak Doni Dera Wibisana ( nama panggungnya Pak Wibi) yang penuh kasih sayang dan kesabaran mengajarkan murid-murid SD 3 Hara. Gimana dengan murid-muridnya?
Karena fasilitatornya kece badai, murid-muridnya juga gak kalah kece. Jumlah siswa di SD 3 Hara ada 25 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.

Nama-nama siswanya ada di bawah ini yaa :
  1. Adzkia Putri Shabrina
  2. Aisyah Alya Jazilah
  3. Andrea Larasati Kenna Adhitya
  4. Arya Cahyadi Setiawan
  5. Ashayu Khairunnisa Harahap
  6. Axelle Abiyura Ghaisan
  7. Delta Suryatama Garuda Karim
  8. Diaz Dzimar Al-Zaky
  9. Fayyadhio Abassy Yudhistira     
  10. Fidelya Malihah Raksi
  11. Izyanara Asnataya Pangeran Siregar
  12. Kennard Shidqy Arrafif
  13. Lami Dzaka Suryana
  14. Leni Sulastri
  15. Mikaila Rubyla Iman
  16. Muhammad Fattah Al Hamdani
  17. Qanita Dzatudzaka Rabbaniya
  18. Raeesah Mireya Mysha Wardhana
  19. Ravenzy Radian Sukma
  20. Shasta Kay Bodda
  21. Sven Alexander Dahlman
  22. Taariq Umair De Nugra
  23. Tara Quinn Syahnaila
  24. Thoriq Kenzie Diyandra
  25. Tifany Nathifa Ryanda
Itu dia nama-nama siswa SD 3 Hara dengan berbagai karakter yang mereka miliki membuat kita saling menghargai satu sama lain, seperti semboyan negara kita “Bhinneka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi tetap satu jua. Di kelas, kita punya atlet wushu, atlet taekwondo, atlet silat, atlet bola, atlet bola basket, ada penyanyi dan penari juga, selain itu ada ahli robotic dan clevio dan yang paling penting ada yang rajin mengaji juga loh.
]]>