Kurikulum PGTK

Kurikulum PG-TK Sekolah Alam Cikeas dirancang sebagai pembelajaran usia dini secara holistik melalui pengenalan dasar agama (adab, akhlak, karakter, & etika), pengelolaan emosi, keterampilan sosial, kematangan kognitif, serta kepedulian terhadap lingkungan. Dasar agama dikenalkan untuk membangun konsep ketuhanan, rasa syukur, dan pembiasaan tata cara ibadah sejak dini.
Selain itu, kurikulum ini menekankan pengembangan kematangan emosi agar anak mampu menghadapi masalah sehari-hari dengan baik, sekaligus mengasah keterampilan sosial untuk berinteraksi sehat dan menghormati orang lain. Anak juga didorong untuk memiliki kemampuan kognitif yang memadai agar dapat berkonsentrasi saat bermain dan belajar dengan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, serta mengembangkan kemampuan motorik dan kemandirian dalam perawatan diri (life skill) untuk berpartisipasi aktif di lingkungan sekolah dan rumah.
Kurikulum ini juga berisi pembelajaran tentang nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan melalui kebiasaan positif, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghabiskan makanan, dan menjaga kelestarian alam. Potensi siswa juga digali melalui kelas petik (potensi peserta didik) dimana anak dapat memilih kelas sesuai dengan minat bakatnya, seperti olahraga, percobaan, crafting, dan seni (musik dan gambar).