ANAK SMA BISA MAGANG?

SMA Sekolah Alam Cikeas merupakan sekolah yang mengutamakan pengALAMan terbaik sebagai modal belajar utama bagi siswa-siswinya. Program unggulan dari SMA Sekolah Alam Cikeas ialah memberikan peluang kesempatan bagi setiap siswa-siswi untuk memiliki pengALAMan pada bidang karir yang diminatinya dengan mengikuti program magang ala Sekolah Alam Cikeas yang diberi sebutan dengan Real Life Education Plus (RLE+).

Real Life Education Plus (RLE+) merupakan salah satu program penguatan bakat dan minat siswa yang bidangnya dapat dipilih secara bebas bertanggung jawab oleh masing-masing siswa. Menurut Bapak Harfizal, S.H.I, M.E., selaku Kepala Sekolah SMA Sekolah Alam Cikeas, tujuan dari diadakannya kegiatan Real Life Education Plus (RLE+) ialah untuk memfasilitasi pengetahuan secara praktikal mengenai bidang yang diminati siswa agar siswa mampu merancang karir masa depannya serta menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada dirinya.

Penentuan bidang peminatan masing-masing siswa ditelusuri dari hasil talents maping, psikotes dan peta hasil wawancara mengenai bagaimana personality disertai dengan kelebihan kekurangan masing-masing siswa kepada beberapa responden seperti: kedua orang tua, keluarga, sahabat terdekat maupun guru yang pernah mendampinginya berproses di sekolah. Dari hasil penelusuran tersebut, seluruh siswa diharapkan mampu menentukan bidang yang sungguh-sungguh diminatinya.

Setelah menentukan bidang yang diminati, setiap siswa mulai menentukan learning outcome yang detail dan jelas, sehingga ketika terjun di lapangan kerja setiap siswa sudah membawa bekal tujuan yang jelas mengenai hasil apa yang ingin dicapai saat melakukan kegiatan RLE+. Kegiatan RLE+ dilaksanakan selama 3 minggu (15 hari kerja). Selama 15 hari, seluruh siswa diharapkan dapat melakukan praktik kerja sesuai dengan standar operasional masing-masing instansi RLE+, sembari observasi dan melakukan wawancara. Selain instansi, siswa-siswi juga diperbolehkan untuk melakukan kegiatan RLE+ bersama dengan ekspert.

Saat ini sudah ada 20 instansi yang telah bekerjasama dengan SMA Sekolah Alam Cikeas untuk menerima siswa-siswi melakukan kegiatan RLE+ dengan beragam bidang, diantaranya ialah:

BidangLokasi MagangBidangLokasi Magang
KehutananTaman Nasional Gunung Gede PangrangoKimia lingkunganPT. Hijau Lestari Prakarsa Utama
PolitikDPR RI Komisi IVDesignPT. Sevta Nusa Energy
BroadcastingRadio XChannel 878 Fm CibinongFashion designPT. Nina Nugroho Internasional
OtomotifBengkel Motor TidarBaristaSecond Space Indonesia
PenerbitTM. Book Store CibuburGuru TKPGTK Sekolah Alam Cikeas
ZoologistWana Wisata Rusa CariuEditing videoSlava Digital Studio
MusikSchool of UniverseBakingD'NINIS BAKERY
Kimia LingkunganPT Clariant Adsorbents IndonesiaContent CreatorKak Revi, selaku Content Creator Mata Najwa
Dokter HewanRumah Sakit Hewan IPBManajemen PerusahaanPT Mega Chemical Indonesia
FloristAnind FloristPsikologiKlinik Psikologi Pelangi

Kegiatan Real Life Education Plus (RLE+) ialah satu dari berjuta pengALAMan terbaik yang dapat diperoleh di SMA Sekolah Alam Cikeas. Sebab guru terbaik kehidupan ialah pengALAMan. Semangat untuk terus berjuang mengembangkan anugerah talenta dalam diri yang bermanfaat bagi masa depan dan sesama disekitar.